Esareyasyahdeni's Blog

CAMERA MOVEAMENT ( PERGERAKAN KAMERA ) | September 27, 2009

Mungkin kita hanya dapat menikmati hasil  program acara televisi bahkan film layar lebar, tetapi bagaimana terbentuknya / terciptanya tontonan yang menarik itu. Sekelumit contoh pergerakan dari area gelap ke area yang bercahaya itu menandakan suatu kebebasan, pergerakan ini penting guna mengangkat emosional penonton.

Pengambilan gambar dari dalam kendaraan mengarah kedepan dengan mengikuti alur jalan, setidak-tidaknya mengajak penonton itu ikut dalam cerita.Ini semua harus dilakukan dengan pedoman dalam proses pembuatan untuk menghasilkan pengambilan gambar yang tepat.

PEDOMAN MELAKUKAN PERGERAKAN KAMERA

1. PAD ( PERSIAPAN )

2. PACE ( KECEPATAN )

3. PRECISSION ( KETEPATAN / AKURAT )

1.  P A D  ( PERSIAPAN )

Persiapan sebelum melakukan pergerakan kamera atau lakukan ancang-ancang terlebih dahulu, dimana dengan dimulai melakukan perekaman / recording suatu gambar harus diawali dengan statis / tidak bergerak selama 5 detik diakhiri dengan statis selama 5 detik juga sebelum berhenti recording.

Hal ini untuk memudahkan seorang editor melakukan penyambungan / penggabungan gambar, bahkan dapat pula menjadi bahan shot bila diperlukan.

Contoh pengambilan gambar sebuah objek dengan menggunakan zoom untuk menghasilkan detailnya, janganlah setelah tombol record ditekan langsung bergerak dan pada saat masih melakukan pergerakan langsung pula berhenti recording, lakukanlah ancang-ancang terlebih dahulu dan diakhiri dengan ancang-ancang setelah itu barulah tekan tombol record.

2.   P A C E ( KECEPATAN )

Kecepatan melakukan pergerakan kamera, lakukan pergerakan itu sesuai dengan kebutuhan kita karena kamera kita mewakili mata penonton, kita harus mengetahui seberapa cepat kita bergerak, karena kalau pergerakan kita lakukan terlalu cepat mengakibatkan hasil yang kita buat tidak dapat diterima / dinikmati penonton yang berarti kurang informatif.

Contoh pengambilan gambar suatu seminar dimana dihadiri oleh berbagai kalangan, kita perlu mengambil detail gambar perorang guna mengetahui siapa saja yang hadir di seminar itu dengan melakukan panning yang terlalu cepat mengakibatkan penonton kurang mengetahui siapa saja yang hadir, karena terlalu cepat.

Pergerakan kamera yang lambat juga kurang baik, karena mengakibatkan kejenuhan penonton dalam melihat / menikmati gambar.

Sebagai contoh pengambilan gambar objek orang yang sedang dimeja kerja dengan beberapa teman kerja lainnya, sementara letak objek berjauhan, tetapi kita melakukan pergerakan panning lambat ke objek lain akibatnya penonton disajikan gambar yang tidak bermanfaat / kosong pada saat bergerak.

3.  PRECISSION  ( KETEPATAN / AKURASI )

Ketepatan pengambilan gambar dengan pergerakan  yang sesuai dengan shot size dan ketepatan membingkai / framing yang tepat.

mulai dengan ketepatan pada saat start recording dan melakukan pergerakan kamera dan melakukan stop recording secara tepat.

Sebagai contoh pengambilan gambar suatu objek dengan pergerakan gambar haruslah tepat, apabila pengambilan awal dengan komposisi yang tepat diakhiri dengan komposisi yang tepat pula jangan sampai objek tersebut terpotong / tidak tepat.

Maksud dan arti dari pergerakan kamera itu sendiri adalah:

Pengambilan gambar dengan melakukan :

  1. PERPINDAHAN / PERGERAKAN LENSA KAMERA,
  2. PERGERAKAN BADAN KAMERA PADA POROS PENYANGGA (TRIPOT)
  3. PERGERAKAN SELURUH BADAN KAMERA PADA DOLLY TRIPOT,

Masing-masing pengambilan tersebut diatas mempunyai makna tersendiri. dan dengan menggunakan zoom dengan menjaga titik focus / ketajaman gambar dan irish / diafragma atau terang gelap objek


Ditulis dalam Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: